REMBANG – Hotel Griptha terlihat ramai dan padat. Pada hari Jumat, 13 Juli 2018 merupakan hari jadi Radar Kudus yang Ke-16. Di lobby hotel, terlihat mobil-mobil berplat nomor merah berhenti perlahan dan menurunkan penumpang. Mereka adalah para Pimpinan Daerah dari 6 Kabupaten Ex-Karesidenan Pati, Tokoh-tokoh nasional, dan berbagai tamu undangan yang hadir untuk mengikuti acara Radar Kudus Award. Memasuki Ruangan Majesty Palace, Puluhan staf panitia lalu lalang menyambut dan mengantarkan tamu ke meja berlapis kain biru tua nan elegan yang diatasnya tertata rapi papan-papan nama tamu. Sebagian kursi telah disinggahi oleh tamu-tamu yang hadir lebih awal. Sambil menikmati hidangan yang telah tersedia di atas meja, indera pendengaran dan penglihatan tamu terhibur oleh alunan musik jazz yang dimainkan oleh grup band yang tampak atraktif di atas panggung.

Selang 30 menit kemudian, kursi-kursi yang mengitari round table itu pun terlihat penuh. MC membuka dengan penuh semangat dan mempersembahkan penampilan dari Grup Glukosa MAN 2 Kudus yang telah siap mempersiapkan tarian tradisional. Dibalut kebaya hitam dan kain batik berwarna coklat, penari yang berjumlah enam orang itu berlenggok cantik mengikuti irama yang diputar.

Suasana tersebut bukanlah makan malam formal biasa. Pada Malam itu, berbagai sosok dan korporasi menjadi satu dalam acara Penganugerahan Jawa Pos Radar Kudus Awards Tahun 2018.

Tampak figur Bapak Aris Sunarso, Kepala Departemen Pendukung Operasional Semen Gresik, didampingi oleh Kepala Seksi Humas dan Kepala Seksi Bina Lingkungan, menempati meja bundar kedua dari kiri barisan terdepan. Sambutan demi sambutan, penampilan demi penampilan telah diikuti dengan antusias oleh ketiganya. Hingga sampailah pada pengumuman Perusahaan Terbaik Peduli Sosial dan Pendidikan diumumkan oleh MC, wajah tegang Management Representative Pabrik Rembang tersebut berubah menjadi senyuman lebar. Tubuhnya yang gagah segera disalami dan diberikan oleh tamu undangan yang lain. Tampak Bupati Rembang, Abdul Hafidz, bertepuk tangan keras sembari mengangukkan kepalanya dari kejauhan kepada Bapak Aris Sunarso yang tengah berjalan menuju panggung menerima penghargaan tersebut.

Diserahkan langsung oleh Direktur Jawa Pos Radar Kudus, Baehaqy, beliau segera bergabung dengan beberapa Kepala Daerah dan Tokoh-Tokoh Nasional yang juga turut mendapatkan penghargaan di bidang lainnya. Tampak Bupati Rembang, Abdul Hafidz, mendapat apresiasi atas prestasinya dalam membawa Kabupaten Rembang sebagai kabupaten yang ramah investasi. Berdiri berjajar di sebelah kiri beliau, Nampak Bupati Pati – Haryanto yang menerima Penghargaan sebagai Kabupaten dengan Penerapan Sistem Keuangan Online Terbaik.

Bupati Rembang saat ditemui seusasi acara menyatakan tekadnya membawa Rembang bisa menyalip atau paling tidak sejajar dengan kabupaten tetangga seperti Pati ataupun Kudus dalam hal kesejahteraan masyarakat.

“Kita wujudkan melalui Perda RPJMD dari 18 persen, saya ingin di masa jabatan saya bisa turun menjadi 12 persen. Di tahun ketiga ini kami fokus sebagai tahun ekonomi, maka kami ingin bagaimana investasi di Rembang ini terus berdatangan. Salah satu investasi besar yang telah secara nyata memberikan sumbangsih sosial sebagaimana disampaikan di ajang ini, Semen Gresik, juga menjadi mitra kami dalam mencapai tujuan ini,” ungkapnya.

Penghargaan yang diterima oleh PT. Semen Gresik merupakan hasil dari konsistensi perusahaan pelat merah tersebut dalam bidang pemberdayaan masyarakat dan CSR untuk masyarakat di Jawa Tengah pada umumnya, dan Kabupaten Rembang pada khsuusnya.  Komitmen ini diwujudkan melalui penyaluran bantuan dan program senilai Rp 5,5 Miliar pada tahun 2017 dan bertambah menjadi Rp 12,7 Miliar pada tahun 2018 ini.

Beberapa program dan bantuan unggulan yang telah disalurkan diantaranya:

  1. Apresiasi dan pemberdayaan komunitas-komunitas se-Kabupaten Rembang
  2. Pendampingan BUMDes bagi desa-desa sekitar perusahaan
  3. Bantuan sarana air bersih, pipanisasi, dan upaya optimalisasi pemanfaatan sumber air
  4. Pembangunan bengkel dan ruang praktek untuk SMKN 1 Gunem senilai Rp 700 Juta
  5. Bantuan pendidikan untuk tingkat SD, SMP, SMA dan bantuan Kejar Paket A,B,C
  6. Perbaikan sarana umum yang vital bagi masyarakat
  7. dan sebagainya

Bagi Semen Gresik, penghargaan ini bukanlah akhir dari segala ikhtiar yang dilakukan oleh perusahaan dalam memberdayakan masyarakat, namun awal dari berbagai harapan dari berbagai pemangku kepentingan bahwa komitmen perusahaan di bidang sosial dan pendidikan terbukti mampu mendukung pembangunan Kabupaten Rembang yang lebih Berdaya, Kokoh, dan Sejahtera.