Semen Gresik menyelenggarakan Malam Penganugerahan (Awarding Night) Semen Gresik Community Challenge (SGCC) 2018 di Pendopo Museum RA Kartini pada Jumat, 22 Juni 2018 yang dihadiri langsung oleh Bupati dan Wakil Bupati Rembang serta Direktur Utama Semen Gresik, Mukhamad Saifudin. Ratusan undangan dari puluhan komunitas se-Kabupaten Rembang hadir dan menyemarakkan malam penutup kegiatan apresiasi berbasis komunitas pertama di Asia Tenggara untuk lingkup Semen Indonesia Grup tersebut.

“Tahun 2018 ini menjadi tahun perdana penyelenggaraan SGCC 2018. Sejalan dengan komitmen besar Semen Gresik, melalui kegiatan ini kami berharap dapat mendorong komunitas lokal untuk mengamplifikasi kebermanfaatan eksistensinya dalam membuat perubahan dan pengaruh positif bagi masyarakat dan lingkungan sekitar.”

Yamaha Vixion Club Indonesia (YVCI) berhasil menyabet gelar Komunitas Terbaik I   dengan kegiatan sosialnya yang kreatif, militan, dan dikemas dengan publikasi masif seperti Touring bersama anak-anak yatim piatu berwisata dan belajar di Museum Kartini serta santunan di 12 kecamatan . Komunitas Ikatan Mas Mbak Rembang (IMMR) menjadi Komunitas Terbaik II dengan rangkaian kegiatan sosial yang berfokus pada pengenalan pariwisata Rembang dan sosialisasi gaya hidup sehat.  Komunitas Aligator (All Variant Motor Club) sebagai Komunitas Terbaik III dengan kegiatan sosial bersama anak-anak berkebutuhan khusus dan United Indo Rembang sebagai Komunitas Favorit Sosial Media pilihan masyarakat. Seluruh pemenang akan terakomodasi untuk menjadi Komunitas Binaan Semen Gresik dan mendapatkan hadiah uang tunai sebesar 6 juta, 5 juta, 4 juta, dan 2 juta berturut-turut untuk Komunitas Terbaik I, II, III, hingga Komunitas Favorit.

Sebanyak 21 komunitas dengan jumlah anggota lebih dari 1250 orang turut berpartisipasi dalam SGCC 2018 di dari seluruh Kabupaten Rembang, terdiri dari komunitas lingkungan, hobi, seni, pariwisata, pendidikan, dan sebagainya. Lebih dari 55 kegiatan sosial dilaksanakan dengan nilai penyaluran mencapai Rp 96.000.000,- (Sembilan Puluh Enam Juta Rupiah). Kegiatan yang dilaksanakan oleh komunitas juga mampu menjangkau dan melibatkan puluhan ribu masyarakat termasuk volunteer, masyarakat rentan dan pra sejahtera yang menerima bantuan, hingga komunitas-komunitas lain dan jaringannya yang ada di seluruh Indonesia. Beberapa kegiatan sosial unggulan komunitas diantaranya :

  1. Kampanye hidup sehat dan menghidupkan harapan anak lewat Pohon Cita-cita
  2. Membersihkan masjid dan merevitalisasi makam
  3. Touring mengajak anak yatim berwisata dan belajar ke Museum Kartini
  4. Donasi dengan berfoto bersama Musang dan kampanye pelestarian alam
  5. Kelas Duta Wisata
  6. Kuliah Online dengan Pembicara Kandidat Doctorate dari Universitas terbaik (Ivy League) di Amerika Serikat
  7. Berbagi bersama penyandang disabilitas
  8. Dan banyak yang lainnya

Kegiatan yang pertama kali hadir dan satu-satunya di Rembang serta diinisiasi oleh perusahaan semen milik negara ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengapresiasi inisiatif sosial dan gerakan-gerakan filantropis komunitas yang dilaksanakan selama Bulan Ramadhan 1439 H lalu. Selain itu, melalui kegiatan ini, Semen Gresik berharap untuk dapat menyediakan suatu wadah yang dapat mendorong komunitas untuk bersinergi mencapai tujuan yang sama, yaitu : Membangun Rembang yang Berdaya dan Sejahtera.

Militansi dan kreatifitas generasi muda yang luar biasa menjadikan komunitas bukan lagi hanya sebagai sekelompok orang yang membentuk kesatuan karena latar belakang preferensi, hobi, pandangan hidup, dan sebagainya melainkan juga mendasarkan eksistensinya bagi kebermanfaatan sesama. Dengan keyakinan inilah, Semen Gresik memfasilitasi penyelenggaraan Semen Gresik Community Challenge 2018 dengan mendasarkan penilaiannya pada beberapa aspek, yaitu:

  1. Kreatifitas dan Kebaruan (Novelty) dari ide kegiatan yang dilakukan
  2. Jumlah masyarakat yang terlibat dan memperoleh manfaat dari kegiatan
  3. Semarak dan kemeriahan kegiatan sosial yang dilakukan
  4. Tersampaikannya Identitas Semen Gresik selama kegiatan
  5. Penilaian Sesi Presentasi yang dilaksanakan pada tanggal 12 Juni 2018 lalu