Kreatifitas dipadu dengan jiwa sosial yang tinggi menjadikan Semen Gresik sebagai pelaku bisnis yang sangat peka akan event-event kemasyarakatan di area operasionalnya. Salah satunya diwujudkan melalui partisipasi Semen Gresik dalam Rembang Expo 2018, Event pameran terbesar dan paling prestisius di Kabupaten Rembang, Jawa Tengah. Dalam acara yang diselenggarakan selama delapan hari berturut-turut tersebut, Semen Gresik berhasil menyabet Juara 1 Stand Terbaik yang diisi dengan tatanan interior yang modern, fresh, serta melibatkan UKM-UKM binaan unggulan terbaik perusahaan di Kabupaten Rembang.

Berbeda dengan perusahaan lain yang menampilkan profil Perusahaan dalam stand pamerannya, Semen Gresik justru memberikan stand sepenuhnya untuk UMKM Binaan Semen Gresik. Stand Semen Gresik berisikan 3 UMKM binaan yang dengan bebas leluasa memamerkan dan memasarkan produk mereka, di antaranya adalah UMKM Margo Mulyo yang menjual produk olahan berbahan utama Susu Kambing Etawa, kemudian Batik Tulis Lasem Sri Rejeki dan FORUM UMKM REMBANG yang sebelumnya tergabung dalam Semen Gresik Community Challenge 2018, dengan produk unggulan snack dan makanan ringan khas Rembang.

Dalam pembukaan Rembang Expo 2018, Bupati Rembang, KH Abdul Khafidz beserta jajaran terlihat menikmati minuman tradisional es dawet olahan dari susu kambing etawa. Ibu Bupati Rembang, Hj. Hasiroh juga memberikan apresiasi dengan membeli Batik Tulis Lasem karya dari Sri Rejeki

 “Apresiasi tertinggi kepada penjual ya dibeli jualannya, lha wong produk lokal bagus-bagus gini kok, kan ya eman kalau enggak dibeli” tutur Ibu Bupati sambil memilih batik kesukaannya.

 

Tidak hanya itu, sebagai sponsor utama event tahunan yang didukung penuh oleh Pemda Rembang ini, Semen Gresik juga mengembangkan kreativitasnya melalui penyelenggaraan Semen Gresik Singing Competition yang mengakomodir talenta bersuara emas untuk menunjukkan kemampuannya menyanyikan Lagu Mars/Jingle Semen Gresik serta lagu pilihan peserta masing-masing.  Babak penyisihan Semen Gresik Singing Competition dilaksanakan setiap malam di Taman enterpreuner dan babak Final di Panggung Utama Rembang Expo 2018. Dari total 60 peserta, hanya 10 peserta yang berhak tampil di Babak Final. Setelah melalui babak demi babak Dewan Juri memutuskan juara 1 jatuh kepada Devina Dewi, Juara 2 Putri Dwijayanti dan Juara 3 Raissa Firlie. Selain uang pembinaan jutaan rupiah, Semen Gresik juga memberikan hadiah berupa bingkisan produk UMKM.

Tidak kalah heboh, Semen Gresik juga mengadakan Lomba Mewarnai yang diikuti ratusan peserta dari seluruh TK se-kabupaten Rembang. Keceriaan dan kepolosan anak-anak dalam mewarnai kertas gambar yang mendeskripsikan harmonisnya kehidupan industri Pabrik Semen Gresik yang dapat hidup berdampingan dengan aktivitas pertanian warga, dimeriahkan dengan antusiasme para orang tua yang turut mengantarkan putra-putrinya bertanding.

Yang terakhir, Semen Gresik memberikan kesempatan kepada pelaku UMKM dan komunitas-komunitas dari berbagai latar belakang untuk demonstrasi proses produksi mereka di lokasi Taman Entrepreneur. . Turut tampil Komunitas Green Environment Community, komunitas pencinta lingkungan Rembang yang bersinergi dengan Semen Gresik untuk mensosialisasikan misi-misi penyelamatan lingkungan salah satu nya dengan menjual produk hasil recycle sampah plastik. Selain itu juga tampil komunitas Jejak Musang Rembang Indonesia (Jemari) yang mensosialisasikan musang agar tidak dijadikan lauk karena populasi musang yang sudah samakin mengecil karena dijadikan komoditas konsumsi oleh masyarakat. Jemari melakukan kampanye Luwak Bukan Lauk kepada masyarakat yang hadir di Rembang Expo 2018.

Setelah berlangsung 1 minggu, Rembang Expo 2018 resmi ditutup oleh Bupati Rembang pada tanggal 4 September 2018. Bersamaan dengan ditutupnya Rembang Expo 2018 diumumkan juga beberapa stand terbaik dalam Rembang Expo. Berkat kegigihan dan konsistensi Semen Gresik selama 1 minggu memberikan positif vibes kepada masyarakat di Rembang Expo 2018, Semen Gresik terpilih sebagai Juara 1 Stand Terbaik Rembang Expo 2018. Semoga dengan adanya penghargaan ini menjadikan semangat bagi para pelaku UMKM Kabupaten Rembang bisa bersinergi dengan Semen Gresik untuk menjadikan Rembang lebih berkualitas dan berdaya.