REMBANG – Kalangan pelajar SMA/Sederajat di Kabupaten Rembang antusias berpartisipasi dalam event Semen Gresik Essay Competition. Selain tema yang menarik, besarnya hadiah untuk para pemenang juga menjadi pemikat anak-anak muda itu mengikuti lomba karya tulis yang digelar BUMN semen nasional tersebut.

Semen Gresik Essay Competition mengangkat tema Sumbangsih Industri Hijau Dalam Pembangunan Daerah. Selain untuk lebih mengenalkan industri yang bertanggung jawab terhadap ekonomi, sosial dan lingkungan di kalangan generasi muda, event bergengsi ini juga dimaksudkan menggairahkan gerakan literasi di Kota Garam.

Periode pengumpulan karya mulai 10 Desember 2018 hingga 21 Januari 2019. Karya dari peserta dikirimkan ke alamat email Humas Semen Gresik.

Supervisor Humas Semen Gresik Yeni Indah Lestari mengatakan selama sepekan sejak resmi dibuka, sudah ada puluhan pelajar yang menyatakan ingin mengikuti event bergengsi ini. Bahkan beberapa diantara mereka sudah mengunduh formulir pendaftaran via email. Beberapa diantaranya pelajar MA Al anwar (Qalyativa Mereka dan Siti Syarifah); SMAN1 Kita (Yuliana Iskandar); SMAN 1 Lasem (Ridhoatin Khoiriyah); MAN 2 Rembang (Mayya Zari dan Alya A’izzatin Nuha); SMAN 2 Rembang (Fanny Feriana); dan SMAN 1 Sumber (Nur Hisna Sahara dan Rina Novita Dewi). Tulisan dari pelajar masih ditunggu hingga batas akhir pengiriman karya.

“Info lebih detail bisa menghubungi 085728251533 atau akun Instagram maupun facebook Humas Semen Gresik,” kata Yeni, Rabu (19/12/2018).

Sosialisasi Semen Gresik Essay Competition sudah digelar secara maraton di sejumlah sekolah yang ada di Kota Garam. Dewan juri kegiatan ini terdiri dari kalangan profesional dan berkompeten mulai dari Sekretaris Daerah (Sekda) Rembang, Subakti; Pemimpin Redaksi Harian Suara Merdeka Gunawan Permadi dan pakar komunikasi massa Universitas Gajahmada (UGM) Yogyakarta Gilang Desti. Total hadiah yang disediakan untuk para pemenang mencapai belasan juta rupiah.

Yeni berharap lewat kegiatan ini, para pelajar di Kota Garam lebih semangat menuliskan pandangannya yang jujur, orisinil dan konstruktif tentang industri hijau dan sumbangsihnya untuk kemajuan daerah mereka.

“Silahkan eksplor lebih detail apapun yang masih berkaitan dengan tema. Garis besarnya bagaimana industri hijau semisal Semen Gresik itu berkontribusi positif untuk perekonomian dan kemajuan daerah, memberdayakan masyarakat dan bertanggung jawab terhadap lingkungan,” ujar Yeni.

Pelajar MAN 2 Rembang, Alya A’izzatin Nuha mengatakan tertarik mengirimkan karya tulis gawe Semen Gresik Essay Competition.

Menurutnya kegiatan ini akan lebih menyemangatinya untuk mempelajari lebih dan sekaligus menuliskan pendapatnya tentang industri yang ramah lingkungan dan berperan positif untuk kemajuan Kabupaten Rembang.

“Kegiatan ini bagus sekali. Temanya juga cocok untuk generasi milenial,” tandas Alya.