REMBANG – Tasyakuran Hari Ulang Tahun ke-6 PT Semen Indonesia (Persero) Tbk di lingkup PT Semen Gresik Pabrik Rembang digelar sederhana namun khidmat. Pimpinan dan karyawan duduk bersila di atas karpet merah sembari melantunkan doa agar capaian yang diraih BUMN semen nasional kebanggaan bangsa ini lebih baik lagi dari sebelumnya.

Tasyakuran HUT ini digelar secara serentak dan langsung melalui video conference (video) yang dipusatkan di Gedung PT Semen Indonesia (Persero) Tbk di Jakarta. Vicon diikuti oleh seluruh anak perusahaan BUMN semen nasional ini. Mulai dari jajaran direksi, komisaris dan karyawan Semen Gresik Pabrik Rembang, Tuban, Gresik, Semen Tonasa, Semen Padang dan juga TLCC Quang Ninh, Vietnam.

Dirut PT Semen Indonesia (Persero) Tbk Hendi Priyo Santoso mengatakan bersyukur karena jajarannya mampu melewati tahun 2018 dengan selamat dan aman. Padahal selama empat tahun terakhir, BUMN semen nasional ini sempat dibayangi berbagai persoalan baik eksternal maupun internal yang berujung menipisnya kepercayaan diri untuk memenangi persaingan bisnis persemenan. Laba bersih perusahaan juga terus menunjukkan tren menurun tiap tahunnya.

“Tapi kita bisa melewati itu. Postur perusahaan juga baik dan sehat,” kata Hendi dalam sambutannya yang disiarkan secara langsung melalui vicon, Senin (7/1/2019).

Semen Indonesia merumuskan progam transformasi dan sekaligus melakukan beragam langkah terobosan untuk mengangkat performa perusahaan.

Menurut Hendi, kolaborasi kerjasama antara holding dan seluruh anak perusahaan merupakan modal yang baik agar Semen Indonesia Grup bisa terus menjadi market leader dalam bisnis persemenan.

“The sleeping giant yang tidur empat tahun sudah bangun. Dan sebentar lagi bisa menelan raksasa kecil pada tahun 2019,” jelasnya.

Komisaris Utama PT Semen Indonesia (Persero) Tbk, Sutiyoso mengatakan jajarannya akan terus mendukung berbagai upaya yang dilakukan direksi untuk mengangkat performa perusahaan. Sutiyoso mengakui jika kondisi bisnis persemenenan memang penuh tantangan. Mulai dari banyaknya pesaing hingga tingkat konsumsi semen secara nasional yang lebih kecil dibanding produksi yang dihasilkan.

“Dewan komisaris mendukung perubahan transformasi model bisnis yang dilakukan direksi. Untuk mencapai hal itu kita harus bertekad pada langkah yang memuaskan pelanggan. Dan langkah itu juga harus dibarengi dengan peningkatan mutu, tata kelola, etos kerja dan lain sebagainya,” ucap mantan Gubernur DKI Jakarta dua periode ini.

Dalam kesempatan itu, juga diputar rekaman video berisi ucapan selamat HUT ke-6 PT Semen Indonesia (Persero) Tbk. Satu persatu dirut dan komisaris masing-masing anak perusahaan mengucapkan selamat dan apresiasi kepada BUMN semen nasional ini.

Termasuk Dirut PT Semen Gresik Mukhamad Saifudin. Ucapan selamat dan apresiasi itu kian gayeng dengan pantun yang disampaikan orang nomor satu di Semen Gresik ini.

Batik Lasem pun berwarna jingga

Secerah langit Rembang di kala senja

Selamat Ulang Tahun Semen Indonesia

Terus berkembang menjadi kebanggaan bangsa

“Kami, Semen Gresik Pabrik Rembang siap mendukung pencapaian kinerja korporasi di tahun 2019 ini dengan semangat Semen Indonesia Grup yang Sinergis, Militan, dan Berintegritas,” tandasnya.

Acara puncak tasyakuran Hari Ulang Tahun ke-6 PT Semen Indonesia (Persero) Tbk di lingkup PT Semen Gresik Pabrik Rembang ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh Dirut PT Semen Gresik. Tumpeng itu lalu diserahkan kepada Kepala Departemen Produksi Semen Gresik Aris Sunarso.

Setelah itu, seluruh tumpeng dikepung dan dinikmati bersama. Tidak ada jarak antara pimpinan dan karyawan. Suasananya guyub karena semuanya duduk lesehan di atas lantai berkarpet merah.