REMBANG – Ratusan karyawan PT Semen Gresik antusias menyumbangkan darahnya saat kegiatan “Jadilah Pahlawan Donor Darah” yang digelar di Gedung CCR Semen Gresik Pabrik Rembang, Selasa (22/1). Kegiatan hasil kerjasama Seksi Bina Lingkungan PT Semen Gresik dengan PMI Kabupaten Rembang ini bagian dari aksi sosial untuk membantu sesama.

Kegiatan ini dimulai pukul 08.00 WIB. Ratusan karyawan dari berbagai level, unit hingga bagian di lingkup Semen Gresik Pabrik Rembang terlihat antusias mengikuti sudah berkumpul di Gedung CCR. Mereka antri dengan tertib mendaftarkan diri dan mendonorkan darahnya. Hingga berakhirnya kegiatan donor darah pada pukul 13.00 WIB, total ada 113 kantong darah dari berbagai golongan darah yang berhasil dikumpulkan. Ratusan kantong darah ini nantinya akan didistribusikan untuk berbagai elemen masyarakat yang membutuhkan.

Salah seorang peserta donor darah, Nurhadi mengatakan ikut terpanggil mengikuti kegiatan sosial ini karena alasan kemanusiaan. Menurutnya, meski hanya setetes, namun darah bisa juga menolong dan memperpanjang hidup seseorang yang membutuhkannya.

“Karena alasan itu juga saya berusaha rutin mendonorkan darah. Selain untuk menolong sesama, donor darah ternyata juga baik bagi kesehatan saya,” kata Kepala Seksi SMSG dan Manajemen Kinerja Perusahaan PT Semen Gresik ini, Selasa (22/1/2019).

Sejak Semen Gresik Pabrik Rembang beroperasi pada pertengahan 2017, kegiatan donor darah rutin digelar tiap tiga bulan sekali, baik dalam lingkup dalam maupun luar pabrik. Untuk luar pabrik, aksi sosial ini biasanya digelar di Gedung Akademi Komunitas Semen Indonesia (AKSI) Rembang.

Kepala Seksi Bina Lingkungan PT Semen Gresik Abdul Manan mengatakan kegiatan donor darah ini merupakan salah satu bentuk progam CSR bidang kesehatan. Tiap kali digelar, hasilnya tergolong memuaskan. Sebab kesadaran karyawan maupun masyarakat umum untuk menyumbangkan darahnya terus meningkat. Selain itu, jumlah kantong darah yang bisa disumbangkan melalui PMI Rembang juga cenderung naik.

“Tiap kali kegiatan baik dalam maupun luar perusahaan terkumpul hampir 400 kantong darah,” jelas Abdul Manan.

Semen Gresik berencana memberikan apresiasi khusus untuk karyawan maupun masyarakat umum yang rutin mendonorkan darahnya. Apresiasi khusus itu seperti yang diberikan PMI untuk warga yang setia mendonorkan darahnya. Selain bentuk penghargaan, apresiasi khusus dari Semen Gresik ini juga sekaligus untuk menarik minat karyawan atau elemen masyarakat lainnya agar terpanggil berpartisipasi dalam kegiatan sosial ini.

“Apakah nanti apresiasi khusus diberikan berapa tahun sekali kita kaji dulu. Namun tahun ini kita sudah mulai proses pendataannya. Tapi di luar apresiasi khusus itu, tiap kali kegiatan, peserta donor darah sudah kita beri berbagai souvenir menarik sebagai bentuk penghargaan atas partisipasi mereka,” jelasnya.

Sementara itu, staf Pencari Pelestari Donor Darah Sukarela (P2D2S) PMI Kabupaten Rembang Eko Prasojo mengatakan berterima kasih atas upaya yang dilakukan Semen Gresik. Selama ini, jumlah kantong darah yang berhasil dikumpulkan saat donor darah Semen Gresik paling banyak dibanding kegiatan serupa yang digelar instansi lain. “Jadi sangat membantu stok darah di PMI. Semoga nanti jumlahnya bisa terus meningkat karena kebutuhan kita tiap bulan sekitar 1000 kantong darah,” tandas Eko Prasojo. (liez)