REMBANG – Ribuan goweser (pesepeda) dari sejumlah kota baik wilayah Provinsi Jawa Tengah maupun Jawa Timur meramaikan event Sepeda Wisata Semen Gresik (SWSG) yang digelar, Minggu (24/2). Selain mendorong semangat olahraga, event yang digelar dalam rangka HUT ke-5 Semen Gresik sekaligus juga mendukung gerakan ramah lingkungan dengan bersepeda.

Hadir dalam kegiatan ini, Dirut PT Semen Gresik, Mukhamad Saifudin, jajaran direksi, Sekda Rembang Subhakti,

Kapolres Rembang AKBP Pungky Bhuana Santoso, Dandim 0720/Rembang Letkol (Arh) Andi Budi Sulistianto, Perhutani, Forkompimca dan instansi lainnya. Peserta SWSG yang jumlahnya lebih dari 2000 orang berasal dari kalangan pelajar, goweser dari kabupaten eks Karisidenan Pati bahkan hingga Tuban dan sekitarnya.

Event Sepeda Wisata Semen Gresik ini, menempuh jarak sejauh 11,1 kilometer yang melintasi berbagai kawasan yang ada di Rembang. Rutenya mulai dari Gedung Haji Rembang – Jalan Cinta – Lampu Merah Mondoteko – Pertigaan Jeruk – Lapangan Jeruk – Desa Ngadem – Perempatan Besi – Mengarah ke Polres Rembang – Jalan Pemuda – kembali ke Gedung Haji. Semen Gresik menyediakan ratusan doorprize. Mulai dari dua sepeda motor, lima sepeda road bike, televisi, produk elektronik lainnya dan berbagai souvenir menarik.

Dirut PT Semen Gresik Mukhamad Saifudin mengatakan saat ini olahraga gowes atau bersepeda kian diminati masyarakat. Karena selain bermanfaat untuk kesehatan, bersepeda juga murah, meriah, massal, dan menarik. Sepeda juga alat transportasi yang hemat energi dan ramah lingkungan. Prinsip itu juga yang selama ini dipegang teguh Semen Gresik dalam menjalankan operasional perusahaan.

Mukhamad Saifudin bersyukur karena Semen Gresik Pabrik Rembang sudah beroperasi selama lima tahun. Pihaknya berkomitmen kehadiran perusahaan semen terkemuka ini turut berkontribusi positif baik untuk masyarakat, pemerintah daerah hingga negara ini.

“Lewat event ini kami ingin menggelorakan semangat mengolahragakan masyarakat dan membudayakan olahraga di tengah masyarakat, sekaligus mendukung gerakan ramah lingkungan dengan bersepeda,” kata Mukhamad Saifudin.

Event SWSG ini hanya salah satu rangkaian HUT ke-5 Semen Gresik. Sebelumnya juga digelar beragam kegiatan yang menarik. Mulai dari Pagelaran Wayang Kulit, Senam dan Jalan Sehat bersama masyarakat sekitar pabrik, Lomba Games Online dalam E-sport Championship, kegiatan Adventure Explore Rembang bersama Offroader Jawa Timur dan Jawa Tengah.

Menurut Mukhamad Saifudin, Kabupaten Rembang memiliki beragam potensi wisata hingga kuliner yang menarik dan khas. Pihaknya berharap event SWSG ini juga berkontribusi positif mengenalkan berbagai potensi yang ada di Kota Garam itu kepada khalayak luas.

“Semoga seluruh goweser juga ikut berpartisipasi mempromosikan berbagai potensi ini melalui gethok tular maupun aktivitas di media sosial masing-masing,” harapnya.

Sementara itu, Sekda Rembang Subhakti berharap Semen Gresik kian eksis dan mampu memberikan banyak manfaat. Baik perekonomian maupun sektor-sektor lainnya.

“Alhamdulilah, atas karunia Allah SWT PT. Semen Gresik bisa lolos dan eksis sampai sekarang. Semoga pabrik ini dapat membantu mengurangi pengangguran dan mendorong perekonomian bagi Kabupaten Rembang. Mohon do’a restu semua, agar dapat memberi manfaat sebesar – besarnya,” kata Subhakti.

Dua doorprize utama berupa dua sepeda motor jatuh ke tangan warga Rembang dan Blora. Salah seorang goweser yang beruntung itu adalah Yayuk. Warga Blora ini mengaku tak menyangka bakal mendapat hadiah utama. Sebab ia kerap mengikuti event sepeda di berbagai daerah namun tak pernah mendapat hadiah utama.

“Rasanya senang sekali. Ini kejutan karena baru kali dapat hadiah utama,” tandasnya. (liez)