PESAN CEO

“Persaingan industri semen di Indonesia semakin kompetitif, hal ini tidak terlepas dari pasokan semen yang berlebih. Seiring pertumbuhan ekonomi dan komitmen Pemerintah untuk terus meningkatkan pembangunan infrastruktur di Indonesia, serta konsumsi perkapita yang masih rendah dan pertumbuhan kelas menengah yang terus bertambah, maka Indonesia adalah pasar yang menarik bagi industri semen. Tingkat persaingan indusri semen yang kompetitif tidak akan menyurutkan investasi indusri semen di Indonesia karena pasar di masa mendatang sangat terbuka lebar. Keberhasilan Presiden Jokowi membangun infrastruktur secara masif dan mampu menumbuhkan pusat ekonomi baru di berbagai wilayah di Indonesia, akan mendorong konsumsi semen meningkat dimasa akan datang.

Belajar dari keberhasilan negara maju yang miskin sumber daya alam yaitu Jepang yang mampu membangun industrinya menjadi kekuatan ekonomi dunia, dengan kemampuan Jepang meningkatkan nilai tambah (added value) dari sumber daya alam negara lain yang menjadi lokasi investasi perusahaan Jepang. Indonesia tentu bisa melakukan apa yang sudah dilakukan Jepang dengan menggabungkan kemampuan SDM yang terus meningkat dan kekayaan SDA alam yang melimpah.

PT Semen Gresik yang berpengalaman dibidang industri persemenan dan memiliki brand yang kuat serta ditopang aspek sejarah dibangunnya pabrik Semen Gresik untuk menyediakan kebutuhan semen bagi pembangunan di Indonesia. Semen Gresik dengan moto “Kokoh Tak Tertandingi” telah terbukti dipercaya untuk membangun berbagai mega proyek di Indonesia, dan sampai saat ini menjadi kebanggaan Bangsa Indonesia. Di masa lalu, Semen Gresik di percaya sebaga semen yang digunakan untuk membangun Monumen Nasional (Monas), Masjid Istiqlal, Gedung DPR/MPR, Jembatan Semanggi. Dimasa sekarang Semen Gresik tetap dipercaya membangun berbagai mega proyek seperti Jembatan Suramadu yang merupakan jembatan terpanjang di Indonesia, Tol Benoa-Bali, LRT Jabodetabek dan lainnya. Hal ini menunjukkan kualitas Semen Gresik adalah terbaik dan perusahaan mampu menjaga dan meningkatkan kualitas sehingga terus dipercaya sebagai bahan membangun bangunan monumental di Indonesia.

Semen Gresik mendunkung program satu juta rumah dari Presiden Jokowi. Selain menciptakan produk berkualitas tinggi dan ramah lingkungan, untuk mendukung program satu juta rumah tersebut, Semen Gresik akan terus melakukan inovasi, antara lain menciptakan produk rumah knock down sebagaimana permainan lego, mulai lantai sampai atap. Melalui inovasi ini, maka perusahaan telah memperkuat daya saing perusahaan dengan merambah produk material bangunan yang tidak hanya mendukung penyerapan produk Semen Gresik, namun dapat pula meningkatkan nilai tambah sehingga memberikan peluang keuntungan yang lebih besar dan berkelanjutan bagi perusahaan. Melalui inovasi ini, maka perusahaan akan senantiasa hadir membangun bangsa sebagaimana semangat “BUMN hadir untuk negeri”

Kami menyakini, syarat perusahaan untuk terus tumbuh dimasa mendatang dapat tercapai, karena Semen Gresik memiliki Sumber Daya Manusia yang berkualitas. Budaya CHAMPS dan spirit SMI (Sinergi, Militan, Integritas) yang telah diterapkan dan terus dilakukan improvement untuk mendapatkan hasil yang lebih baik, maka akan mampu menjaga perusahaan secara konsisten melahirkan Sumber Daya Manusia mumpuni yang adaptif, berintegritas, sinergis, siap bersaing serta terus belajar membawa kinerja perusahaan lebih baik dimasa mendatang dan menjadi pemenang dipersaingan industri semen.

MUKHAMAD SAIFUDIN, ST., MM.
DIREKTUR UTAMA
PT Semen Gresik