PROGRAM KEMITRAAN

 

Dalam pelaksanaan Program Kemitraan dan Bina Lingkungan di PT Semen Indonesia (Persero) Tbk mengacu kepada Peraturan Menteri BUMN No. PER-09/MBU/07/2015 tanggal 3 Juli 2015 tentang Program Kemitraan dan Bina Lingkungan Badan Usaha Milik Negara dan Surat Keputusan Direksi PT Semen Indonesia (Persero) Tbk No. 055/Kpts/Dir/2014 tanggal 20 Nopember 2014 tentang Struktur Organisasi, ditetapkan Biro Program Kemitraan dan Biro Bina Lingkungan adalah bentuk fungsional yang bertanggung jawab kepada Departemen Corporate Social Responsibility (CSR), serta peraturan lain yang terkait.

Selama tahun 2015 Program Kemitraan dan Bina Lingkungan Semen Indonesia telah menyalurkan bantuan dana dalam bentuk pinjaman, hibah dan pembinaan lainnya kepada mitra binaan di Jawa Timur, Jawa Tengah, Bali, Daerah Istimewa Yogyakarta, Sumatra Barat, Riau, Jambi, Bengkulu, dan Sulawesi.

Bidang usaha yang telah dibina sampai dengan tahun 2015 yaitu : perdagangan alat sekolah, onderdil kendaraan, sandang pangan, bahan bangunan, peracangan, peternakan sapi, domba, itik dan ayam, kerajinan batik, sarung, songkok, tas tempurung, anyaman bambu, bordir, sulam, kerajinan emas/perak, gerabah, industri pakan ternak, pengolahan kayu, sepatu, alat rumah tangga, mainan anak, genteng/beton, jasa perbengkelan, penjahitan, vercrom, angkutan, cleaning service, periklanan, photography, koperasi umum serta jasa percetakan/sablon, salon kecantikan, pembuatan kue dan makanan ringan, industri coconut oil, kerajinan pasir, pengolahan ikan laut , perdagangan bahan bangunan, industri sarung tenun, dan lain-lain.

Biaya produksi untuk barang tertentu yang terus meningkat, keterbatasan modal, rendahnya kemampuan sumber daya manusia serta masih lemahnya daya beli masyarakat, masih saja menjadi kendala bagi setiap pengusaha kecil & menengah. Disamping itu juga semakin banyaknya persaingan dari pengusaha lokal maupun produk-produk import yang membanjiri Indonesia dengan tampilan yang lebih menarik dan harga relatif murah.

Hal-hal seperti tersebut di atas mendorong para pengusaha kecil & menengah berupaya mendapatkan bapak asuh yang diharapkan dapat memberikan bimbingan maupun suntikan modal kerja dengan bunga rendah ataupun hibah pameran. Oleh karenanya peran BUMN Pembina menjadi sangatlah penting dalam membantu meningkatkan kehidupan ekonomi & sosial masyarakat. Penyaluran dana PKBL selama tahun 2015 ini didasarkan pada jumlah proposal yang diterima baik yang dilakukan secara kolektif maupun yang dikirim / dibawa langsung.